Home

Rabu, 15 September 2010

SCHOOL AND PASCAL

Udah hampir 4 bulan saya SMA, setelah lulus SMP (dengan nilai yang gak jelek jelek amat, hehe) saya mendaftarkan diri ke SMA yang dinilai cukup baik oleh masyarakat di kota ini. Proses pendaftaran saya ikuti dengan baik dan alhamdulillah saya diterima di sekolah itu. Saat MOS (Masa Orientasi Siswa) kami diperkenalkan dengan ekskul yang ada disekolah itu, tibalah giliran ekskul MIPA diperkenalkan kepada kami.

Dalam ekskul MIPA terbagi menjadi beberapa cabang meliputi, fisika, biolgi, matematika, dsb. Saya tak menyangka bahwa TIK termasuk dalam MIPA. saat ditanya oleh kakak kelas apakah ada yang berminat untuk mengikuti ekskul tersebut saya pun menunjuk tangan tanpa ragu. Hmm.. yang ada dipikiran saya saat itu hanya cabang TIK, sejak awal saya memang sudah niat untuk mengikuti ekskul yang satu ini.

Singkat cerita, KBM (kegiatan belajar mengajar) pun sudah dimulai di sekolah. Saya juga sudah "mendaftar" ekskul TIK. Sampai suatu hari ada pemberitahuan dari kakak kelas bahwa hari senin akan diadakan "latihan" TIK. Hari itupun tiba, dan PEMBIMBING kami pun hanya KAKAK SENIOR di bidang TIK. Disitu saya mulai mendalami tentang logika dan pascal.

Pascal menjadi pokok perhatian, ini menjadi "arahan" buat saya. Artinya bahasa pemrograman yang akan saya dalami disini adalah pascal. Ya, pascal, bahasa pemrograman tua. Disini kita akan "berkenalan" dengan pascal.

"Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer  kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu."
Itulah pascal, konsep dasar yang saya dapatkan dari wikipedia Indonesia, melihat lebih jauh

Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:

    * Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
    * User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
    * Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
    * Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
    * Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).

Contoh program Hello World menggunakan bahasa pascal adalah sebagai berikut:

Program HelloWorld;
uses crt;
begin
   writeln('Hello world');
end.

Itu contoh program dengan bahasa pemrograman pascal. Bingung, saya bingung ketika ditanyakan oleh pembimbing saya apakah output-nya (maklum, baru pertama kali saya mengetahui tentang ini). Setelah diberitahu oleh pembimbing (kakak kelas) saya pun mengerti..

hahh, perjalanan saya masih panjang, hanya ini yang dapat saya tulis untuk berbagi di blog tercinta ini. Mungkin nanti saya bisa menciptakan bahasa pemrograman baru. Amin..
Saya pun sadar bahwa keinginan tanpa usaha tidak ada artinya. Untuk itu dalam perjalanan saya menuntut ilmu di sekolah ini saya harus banyak berlatih PASCAL (terutama LOGIKA, ini sangat penting) sembari mempelajari pelajaran wajib yang harus saya ikuti..

3 komentar:

  1. great job! visit my blog.

    BalasHapus
  2. yaps betul banget pascal tu kudu tau dah logikanya dl... :)

    BalasHapus
  3. waduh,, saya jadi pusing,,, @.@

    BalasHapus

Komentar yang mengandung unsur SARA akan penulis hapus dari blog ini !